Cara instal Budgie desktop di ubuntu 16.04

Budgie desktop adalah desktop bawaan dari distro linux Solus, desktop ini ditulis dari nol dimaksudkan untuk menjadi desktop yang elegan dan modern, fokus pada kesederhanaan. Sekilas desktop ini mirip dengan Gnome 2 tetapi ada fitur baru yang berbeda dengan desktop yang sekarang ada ada yaitu Raven (area aplet, pemberitahuan dan pusat pengaturan).

Cara instal desktop budgie di Ubuntu 16.04 :

Buka terminal dan ikuti perintah  dibawah ini :
$ sudo add-apt-repository ppa:fossfreedom/budgie-desktop
$ sudo apt-get update
$ sudo apt-get install budgie-desktop


Mempercantik budgie desktop
Jika budgie desktop yang terlihat jelek kita bisa mengubah sesuai selera kita.

1. Mengubah tema dan ikon.
     Klik tanda power di panel, klik tombol pengaturan di pojok kanan atas. Matikan tema gelap dan tema bawaan jika ingin menggunakan tema sendiri. Tema gnome juga dapat digunakan di desktop budgie.

2. Posisi dan ukuran panel.
    Klik tanda power di panel, klik tombol pengaturan di pojok kanan atas, klik panel. Disini kita dapat mengubah posisi, ukuran dan aplet yang ada di panel.


3. Menampilkan ikon di desktop.
    Jika ikon tidak tampil di desktop, buka dconf editor jika belum terinstal instal dengan perintah sudo apt-get install dconf-editor. Buka dconf-editor pada org>gnome>desktop>background, centang show-desktop-icon.


3. mengubah huruf.
    Untuk mengubah huruf juga menggunakan dconf editor. Buka dconf editor pada org>gnome>desktop>interface. Isi dengan nama font yang terinstal di sistem anda.



Budgie desktop :

Tema : White (dengan sedikit tambahan)
Ikon   : El General(dengan sedikit tambahan)
Font   : Nimbus Sans L
Dock  : Plank.