INILAH ADAB MASUK DAN KELUAR MASJID MENURUT AJARAN RASULULLAH SAW.....Mohon di Share...



Masjid adalah tempat suci yang digunakan oleh umat Islam untuk melaksanakan ibadah. Karena digunakan untuk beribadah pada Allah SWT, sudah sepatutnya tiap-tiap orang yang masuk kedalam Masjid berlaku sopan dan tidak asal-asalan. Hal semacam ini perlu dikerjakan agar kesibukan melaksanakan ibadah yang dikerjakan di Masjid jadi merasa tambah nyaman dan terlepas dari bermacam type masalah yang mungkin saja nampak.

Rasulullah SAW sendiri mengajarkan umatnya untuk ikuti sebagian adab masuk dan keluar Masjid di bawah ini :

Adab Masuk dan Keluar Masjid
Tata Langkah dan Adab Masuk dan Keluar Masjid

Memprioritaskan Kaki Kanan
Sama dengan perihal waktu tengah beraktivitas ataupun perbuatan baik yang lain, waktu masuk masjid, baiknya kita mengutamakan kaki kanan dibanding dengan kaki kiri. Hal semacam ini selaras dengan Hadits Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik RA yang bermakna : “Termasuk ajaran Nabi Muhammad SAW, waktu Anda masuk Masjid, Anda mengutamakan kaki kanan dan waktu keluar, memprioritaskan kaki kiri. ” (H. R. Hakim yang telah dishahihkan oleh Ad-Dzhabi.

Membaca Do’a Masuk Masjid
Bukan sekedar harus masuk dengan didahului oleh kaki samping kanan, waktu masuk masjid, umat Islam juga disarankan untuk memaca lafadz doa masuk masjid yaitu : ‘Allahumaftahlii abwaaba rahmatik’ yang bermakna “ya Allah, buka lah pintu – pintru rahmat-Mu”. Hal sejenis ini selaras dengan satu di antara hadits yang diriwayatkan oleh Muslim yang bermakna : “Jika salah seorang diantara


kalian masuk dalam masjid, jadi ucapkanlah, ‘Allahummaftahlii abwaaba rahmatik’. Apabila keluar dari masjid, katakan lah : ‘Allahumma inni as-aluka min fadhlik’. (H. R. Muslim No. 713).

Shalat Sunnah Tahiyatul Masjid
Setelah ada di dalam masjid, umat Islam juga dianjurkan untuk lakukan shalat sunah beberapa dua rakaat. Shalat sunah ini disebut dengan shalat Tahiyatul Masjid. Shalat sunah Tahiyatul Masjid ditangani waktu kita baru sampai di dalam masjid terlebih dulu duduk. Oleh karena itu, terlebih dulu kita masuk masjid, kita harus memberikan keyakinan bila tubuh kita benar – benar suci dan lepas dari bermacam type najis.

Berdoa Waktu Keluar Sembari Mengutamakan Kaki Kiri
Sama juga dengan tentang waktu masuk masjid, waktu keluar masjid umat Islam juga dianjurkan untuk membaca lafadz doa keluar masjid yaitu ‘Allahumma inni as-aluka min fadhlik’, yang bermakna “Ya Allah, Saya Memohon karunia dari – Mu. ” Bukan hanya itu, saat keluar masjid, kita juga disarankan untuk mengutamakan kaki samping kiri.
Etika Di Dalam Masjid

Kecuali dianjurkan untuk menggerakkan adab masuk dan keluar masjid di atas, umat Islam juga dianjurkan untuk menggerakkan beberapa etika basic waktu tengah ada di dalam Masjid berikut ini :

Gunakan Pakaian yang Sopan dan Bersih
Terlebih dulu kita masuk masjid, optimis lebih dahulu apabila kita telah gunakan baju yang sopan dan bersih dari bermacam type nazis.

Jalan dengan Sopan dan Tenang
Waktu sudah ada di dalam masjid, usahakan untuk jalan dengan sopan, tenang, dan tidak tergesa – gesa agar tidak menggangu orang yang lain yang juga tengah ada di dalam masjid.

Menunggu Waktu Shalat dengan Berdzikir
Waktu tengah ada di dalam masjid untuk menunggu masuk waktu shalat, kita dianjurkan untuk berdzikir pada Allah.

Tidak Bercakap – cakap di Dalam Masjid
Membuat perlindungan ketenangan dan kekhidmatan masjid, kita sebaiknya tidak bercakap – cakap dengan orang lain yang juga tengah ada di dalam masjid.