Cara Unlock Bootloader Xiaomi Semua Tipe


Hi semua.
mimin baru nyoba hape baru nih. hehe

cerita singkatnya mimin baru beli hape baru Xiaomi Redmi 4A yang baru rilis di indonesia bulan lalu, saya pesan dari bukalapak.com karena di tempat saya HP versi ini belum ada, jadi ya terpaksa beli online.

oke singkat cerita saya mau root HP saya buat keperluan developing, saya cari di google banyak banget caranya ada yang bilang harus Install ROM Developernya dulu baru di Unlock Bootloadernya, ada juga yang bilang pakai CWM Recovery dan instal SuperSU seperti proses rooting Android lainnya.

nah yang saya bahas kali ini adalah tentang cara Unlock Bootloader Xiaomi Redmi 4A dulu yah :)
kalo kalian mau sekalian ngeRoot Xiaomi kalian (Semua Xiaomi) kalian bisa install ROM Developer buat Xiaomi kalian dan ikuti tutorial di bawah ini.

Setiap ponsel Android memiliki bootloader yang akan menginstruksikan kernel sistem operasi untuk booting secara normal. Namun kamu juga perlu memehami satu hal, bahwa OS Android merupakan sebuah sistem operasi terbuka dan tersedia dalam berbagai jenis hardware yang berbeda, sehingga setiap pabrikan memiliki versi spesifikasi bootloader tersendiri untuk hardware yang hadir dalam lingkungannya. Sehingga, jika kamu mencoba menginstal custom ROM yang keliru, maka bisa berakibat fatal pada perangkatmu, entah itu menyebabkan soft brick atau hard brick.

nah mengapa bootloader ponsel terkunci ?

Bootloader biasanya dikunci dalam perangkat Android karena meskipun Android merupakan sistem operasi terbuka, namun para pabrikan masih menginginkan penggunanya untuk tetap memakai versi OS Android yang sengaja mereka rancang untuk perangkat tersebut. Dalam rangka untuk menerapkan konsep ini, maka pabrikan akan mengunci bootloader. Dengan dikuncinya bootloader pada perangkat Android, maka hampir tidak mungkin untuk mem-flash Custom ROM dan bisa memaksa untuk membatalkan garansi serta biasanya kamu akan berakhir dengan mengalami Android brick. Maka dari itu, langkah pertama-tama yang harus selalu kamu lakukan sebelum menginstal Custom ROM adalah untuk membuka kunci bootloader terlebih dulu.

Bahan-bahan untuk Unlock Bootloader :

- Satu buah akun Xiaomi (Mi Account), kalian bisa buat dulu akunnya lewat :
Settings > Mi Account
- Usahakan ROM Kalian veris Stable yah jangan yang versi Abal-Abal kaya Distributor
- Download Mi Unlocknya disini : http://en.miui.com/unlock/download_en.html

 Langkah-lamgkahnya : 

- Kunjungi Situs ini : http://en.miui.com/unlock/ dan klik Tombol "Unlock"
- Masuk ke Akun Kalian dan masukkan Nomor HP kalian (Contoh : +62 81670250331) gunanya adalah untuk verifikasi Mi Akun kalian.
- Setelah itu Isi semua Formnya, untuk isi form pengajuan permintaan Unlock Bootloader sendiri, kalian bisa isi sesuai kebutuhan kalian, misal untuk alasan Developing atau HP kalian mengalami Bootloop.
- Klik Submit jika sudah selesai.

Nah, setelah itu kalian harus sabar dan menunggu datangnya sms mesra dari Mbak Siomay (2-10 Hari) untuk saya : 3 hari.


Setelah di setujui, begini isi smsnya :


Kalo sudah gitu, waktunya untuk Unlock Xiaomi kalian.

- Extract dan buka Mi Unlock kalian

- Masuk dengan Mi Akun kalian


- Tancapkan HP kalian ke PC/Laptop dan tunggu sampai terdeteksi, dan pastikan USB Debugging kalian dalam keadaan menyala, jika tidak maka HP kalian tidak akan terdeteksi.

- Setelah itu Klik tombol "Unlock" dan tunggu hingga selesai, jika sudah selesai maka HP kalian akan reboot secara otomatis



- Selesai :)

Cukup sekian tutorial Unlock Bootloader Xiaomi, semoga tutorila ini membantu, jika ada yang di tanyakan silahkan beri komentar kalian.

Terima Kasih.