Cara Lock Bootloader Xiaomi Segala Tipe Menggunakan Fastboot


Hi semua, pastingan terakhir saya adalah membahas tentang bagaimana cara UNLOCK Bootloader HP Xiaomi kalian, benarkan ?

oke, jadi untuk postingan saya kali ini adalah tentang bagaimana caranya me-LOCK atau Mengunci kembali Bootloader Xiaomi kalian, lah untuk apa ?

sebelum kita mulai lebih baik kalian mengenal dulu apa itu bootloader :)

Setiap ponsel Android memiliki bootloader yang akan menginstruksikan kernel sistem operasi untuk booting secara normal. Namun kamu juga perlu memehami satu hal, bahwa OS Android merupakan sebuah sistem operasi terbuka dan tersedia dalam berbagai jenis hardware yang berbeda, sehingga setiap pabrikan memiliki versi spesifikasi bootloader tersendiri untuk hardware yang hadir dalam lingkungannya. Sehingga, jika kamu mencoba menginstal custom ROM yang keliru, maka bisa berakibat fatal pada perangkatmu, entah itu menyebabkan soft brick atau hard brick.

nah mengapa bootloader ponsel terkunci ?

Bootloader biasanya dikunci dalam perangkat Android karena meskipun Android merupakan sistem operasi terbuka, namun para pabrikan masih menginginkan penggunanya untuk tetap memakai versi OS Android yang sengaja mereka rancang untuk perangkat tersebut. Dalam rangka untuk menerapkan konsep ini, maka pabrikan akan mengunci bootloader. Dengan dikuncinya bootloader pada perangkat Android, maka hampir tidak mungkin untuk mem-flash Custom ROM dan bisa memaksa untuk membatalkan garansi serta biasanya kamu akan berakhir dengan mengalami Android brick. Maka dari itu, langkah pertama-tama yang harus selalu kamu lakukan sebelum menginstal Custom ROM adalah untuk membuka kunci bootloader terlebih dulu.

saya juga gak tau untuk apa, wakakaka.

oke caranya simpel banget, yang kalian butuhkan adalah :

- ADB + FASTBOOT kalian bisa download di : "Klik Disini"
- HP Xiaomi tentunya :D

Langkah-langkahnya :

- Pertama, HP kalian dalam keadaan "Fastboot Mode" (Matikan HP, Tekan tombo "Power" + "Volume Down" secara bersamaan)

- Kedua, pergi ke folder Fastboot + ADB kalian, dan tekan tombol "SHIFT" + "Klik Kanan Folder Fastboot + ADB" kemudian pilih "Open Command Window Here"

Tampilan :



- Ketiga, ketik perintah "fastboot devices" dan tekan "ENTER" untuk mengetahui apakah HP kalian sudah terdetksi atau belum

Berikut tampilannya jika HP kalian sudah terdeteksi :


- Selanjutnya, ketik perintah "fastboot oem lock" dan tekan "ENTER", jika berhasil maka Bootloader kalian akan terkunci kembali

Tampilan :



- Untuk mengecek apakah Bootloader kalian sudah terkunci, ketik perintah "fastboot oem device-info" dan tekan "ENTER"

Berikut adalah tampilan jika Bootloader kalian sudah terkunci :


- Jika sudah selesai, ketik perintah "fastboot reboot" untuk me-Reboot kembali HP kalian, selesai :)

Bagaimana ? mudah kan ?
okelah cukup sekian tutorial saya kali ini, jika ada yang dintanyakan silahkan beri komentar kalian dan Terima Kasih