Inilah Tanda-Tanda Lailatul Qadar Berdasarkan Hadist Rasulullah SAW

Tanda Tanda Malam Lailatul Qodar

Lailatul Qadar, Malam yang lebih mulia dari pada Seribu Bln.. Lailatul Qadar adalah malam yang begitu istimewa. Siapa saja orang yang beriman tentu inginkan dianya mujur memperoleh keberkahan dari Lailatul Qadar.

Sinyal Tanda Malam Lailatul Qodar

Bila kita perhatikan dari namanya, Lailatul Qadar datang dari bhs Arab yang bermakna malam ketentuan. lantaran saat malam Lailatul Qadar, Alqur’an di turunkan sebagai dasar hidup manusia serta siapa saja yang melaksanakan ibadah pada malam itu jadi pahalanya bakal dilipat gandakan kian lebih 29. 500 lipat. pahalanya sama juga dengan terus-terusan melaksanakan ibadah kian lebih seribu bln. atau kian lebih 83 th..

Oleh karenanya, disarankan untuk kita untuk berdo'a serta melaksanakan ibadah waktu Lailatul Qadar. Lantaran isnyaallah doa pada malam Lailatul Qadar bakal diijabah serta dosa-dosa kita diampuni.

Dari Aisyah. Ia berkata, “Saya ajukan pertanyaan, Wahai Rasulullah, bagaimana bila saya bisa tahu malam qadar itu, apakah yang baiknya kita katakan pada malam itu? ” jawab beliau, “ucapkanlah olehmu : ya Allah, sebenarnya engkau pengampun, sukai mengampuni kekeliruan, jadi ampunilah kekeliruanku. ” (Muttafaq Alaih)

Saat malam Lailatul Qadar, beberapa malaikat yang membawa rahmat turun ke bumi termasuk juga malaikat Jibril. Ini memberikan indikasi kalau Lailatul Qadar betul-betul malam penuh keberkahan. , malam penuh kesejahteraan sampai terbit fajar. Di mana setan tak dapat berbuat jahat serta manusia cuma bergelut dengan nafsu dianya untuk dapat memakai momentum ini. Takdir tahunan juga dicatat saat malam Qadar ini.

Tetapi nyatanya, Lailatul Qadar jadikan rahasia oleh Allah. Kita akan tidak pernah tahu kapan tentunya malam Lailatul Qadar itu akan tiba. Meskipun demikian, Beberapa ulama sudah memberi sebagian penjelasan tentang datangnya Lailatul Qadar ini.

Beberapa ulama tidak sama pendapat tentang kapan Lailatul Qadar itu tiba. Walau demikian pendapat yang semakin dapat diakui yaitu di malam-malam ganjil di 10 hari paling akhir bln. Ramadhan berdasar pada hadits berikut ini.

 " Rasulullah SAW begitu bersungguh-sungguh pada 10 hari paling akhir dari bln. Ramadhan, melebihi kesungguhan beliau di saat yang lain. " (HR. Muslim)

Satu hadits shohih datang Dari teman dekat Abdullah Bin Umar, “Rasulullah SAW sudah bersabda, “barang siapa yang menginginkan menjumpai malam Lailatul Qadar, sebaiknya ia mencarinya saat malam dua puluh tujuh. ” (HR. Ahmad)

Berdasar pada hadits di atas, Lailatul Qadar bakal berlangsung pada malam ke-27 Ramadhan. Tetapi, ketidaksamaan pemilihan awal mulai 1 Ramadhan bikin kita tidak dapat jadikan pendapat itu sebagai patokan yang mutlak.

Baca : Berikut Kenyataan Malam Lailatul Qadar yang disembunyikan NASA
Sinyal Tanda Datangnya Malam Lailatul Qodar

Lantas bagaimana kita dapat tahu bila Lailatul Qadar sudah tiba? Rasulullah SAW pernah bersabda mengenai sinyal tanda datangnya Lailatul Qadar. Apabila kita rasakan ke empat hal berikut ini, jadi besar kemungkinan Lailatul Qadar sudah kita temui. Ke empat sinyal serta ciri itu diantaranya :

1. Matahari bakal terbit saat pagi harinya dalam kondisi jernih, teduh, seperti tak ada cahaya. Dari Abi bin Ka’ab kalau Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang berarti, ”Subuh hari dari malam lailatul qadar matahari terbit tanpa ada cahaya, seakan-akan serupa bejana sampai matahari itu naik. ” (HR. Muslim)

2. Esok hari malam Lailatul Qadar, cahaya matahari terlihat cerah tetapi teduh.

3. Pada malam Lailatul Qadar, hawa tidaklah dingin, tak berawan, tak panas, serta tak ada badai.

4. Malaikat bakal turunkan ketenangan hingga manusia dapat rasakan ketenangan itu serta rasakan kelezatan dalam melaksanakan ibadah, yg tidak diperoleh pada hari-hari yang lain.

Mudah-mudahan Allah mudahkan kita untuk mencapai pahala serta keutamaan pada malam Lailatul Qadar.. Amiin Ya Mujiibas Saailiin.
Sumber : Kabarmakkah. com