Cara mengubah m3u8 ke mp4 di Linux

      Hai sobat kali ini saya akan berbagi cara mengubah berkas m3u8 ke mp4. Sebelumnya kita ketahui dulu apa itu m3u8? m3u8 adalah format berkas komputer untuk daftar putar(playlist) multimedia. Jadi, m3u8 bukan format untuk video ataupun audio tetapi berkas yang mengandung URL yang merujuk berkas multimedia di internet.

     Satu file video/audio yang ada di m3u8 biasanya berbentuk potongan-potongan yang ditandai dengan urutan-urutan. Hal ini dilakukan karena dari sudut pandang kehandalan karena berkas-berkas tersebut bisa diunduh secara paralel. Kurang lebih begitu maksud dari m3u8.

    Sekarang bagaimana cara konversi file m3u8 ke mp4? saya posisikan sobat sudah download m3u8. Jika sobat sudah mengunduh m3u8 akan ada satu folder yang berisi puluhan, atau ratusan bahkan ribuan berkas berektensi .TS. Berkas ts ini dinamai sesuai urutannya.

      Konsep perubahan m3u8 ke mp4 adalah menggabungkan semua file .ts menjadi satu berkas kemudian dikonversi ke mp4.

      Pastikan ffmpeg sudah terintal di linux sobat.

a. menggabungkan semua file ts
      Buka terminal, setel direktori yang dipakai(current directory) ke folder yang mengandung berkas-berkas .ts.

$ cd /alamat/direktori
 kemudian gabungkan file, sebelum menggbungkan kita lihat dulu pola nama urutan berkas ts. Ada yang langsung menggunakan angka langsung(01.ts, 02.ts, 03.ts... dst) atau pola yang lian(video-01.ts, video-02.ts, video-03.ts, dst). Pada bagian urutan angka diganti dengan "?'.

cat ? ?? ??? > out.ts
b. mengubah ts menjadi mp4

      Gunakan perintah dibawah ini untuk mengubah ts menjadi mp4
ffmpeg -i out.ts -c copy -bsf:a aac_adtstoasc out.mp4
 Perintah diatas akan menghasilkan berkas out.mp4. Sekian, semoga bermanfaat, kalau ada salah mohon dikoreksi.