Cara menyimpan berkas media whatsapp ke memory card

      Hai sobat kali ini saya akan berbagi trik sederhana cara memindahkan berkas media( video, audio, gambar) aplikasi whatsapp ke SDcard/ kartu memori secara otomatis.

      Whatsapp sekarang ini sedang naik daun dan banyak yang menggunakannya sebagai sarana bisnis. Dalam menggunnakan Whatsapp pastinya menggunakan grup untuk saling mengirim-menerima berkas media. Tentu jumlah gambar video dan gambar jumlahnya sangat banyak, menguras memori internal. Kalau memori internal sampai habis tentu android tidak akan berjalan semestinya.
   
      Dalam aplikasi whatsapp tidak ada pilihan untuk menyimpan berkas media ke kartu memori. Ini sangat berpengaruh pada pengguna android dengan memori internal yang sedikit. Lantas bagaimana cara menyimpannya ke kartu memori? ikuti langkah dibawah ini.

1. Syarat yang utama perangkat harus sudah di root. Kalau belum tahu apa itu root dan bagaimana caranya? lihat disini.

2. Pasang aplikasi FolderMount di Playstore.

 3. Buka aplikasi folder mount, tekan  ikon "+".
   

      Pada bagian nama isi Whatsapp,  Sumber pilih folder whatsapp kemudian akan ditanya untuk membuat folder tujuan secara otomatis tekan ya.




Selanjutnya tekan tanda centang, kemudian berkas yang ada folder sumber akan dipindah ke folder tujuan.


     Aktifkan pasangan yang dibuat tadi. Setelah diaktifkan, media bisa dibuka memori internal dan di kartu memori, hasilnya sama saja, tetapi aslinya tetap dismpan di kartu memori. Selamat mencoba.